Kenapa Memilih ide Bisnis Restoran Jepang?

Kebiasaan makan di Indonesia telah berubah dari tahun ke tahun. Saat ini masyarakat Indonesia menginginkan makanan yang sehat, bahan makanannya beragam dan dengan porsi yang lebih kecil. Masakan jepang bukan hanya memiliki rasa yang lezat akan tetapi memiliki bentuk dan peralatan makan yang memiliki nilai seni tinggi. Masakan jepang selalu mengedepankan kesehatan sesuai dengan pola orang jepang yang memiliki pola hidup sehat, masakan tersebut memiliki fungsi sebagai pengobatan. Permintaan konsumen atas jenis masakan jepang ini sebenarnya sudah ditangkap oleh restoran Jepang Sushi yaitu restoran ini bisa masuk ke dalam standar diet apapun. Restoran mereka memiliki masakan rendah kalori dan memiliki banyak manfaat kesehatan seperti anti penuaan dan mencegah kanker.  Kemunculan Restoran Yoshinoya di Jakarta tergolong sukses,  begitu muncul, restoran khas Jepang yg menonjolkan Beef Bowlnya ini langsung laris manis dan seketika juga cabangnya ada di mana-mana. Yoshinoya ini memang cukup unik dan hebat dalam konsepnya di mana sebelumnya memang belum ada restoran yg menonjolkan makanan berupa beef bowl. Oleh karena itu restoran ini sangat digemari pelanggan terutama anak-anak muda.

Mengikuti tren ini, restoran jepang telah mendapatkan popularitas di kalangan pelanggan di Indonesia dan menjadi salah-satu gaya hidup. Dan pada umumnya masyarakat Indonesia mengetahui masakan jepang tidak hanya restoran Sushi maupun Yoshinoya, walaupun sebagian dari masyarakat Indonesia belum pernah mencoba masakannya.

Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan di Jakarta pada tahun 2010, rata-rata kelompok usia muda umur 24 – 30 tahun makan siang dilakukan diluar rumah (restoran) dan mereka makan di luar rumah 1-5 kali dalam 1 minggu. Dari sisi sensitivitas harga, kalangan muda memilih harga yang relatif murah sekitar Rp 25.000 – Rp 50.000 per porsi. Sedangkan berdasarkan variasi terhadap makanan dan restoran, sebagian besar responden memilih menu makanan yang variasi dan restoran yang unik. Disamping itu makanan asia lebih populer dibandingkan makanan eropa. Responden memilih makan siang dengan penyajian yang lebih sederhana dan pengirimannya yang lebih cepat. Restoran dipilih oleh pelanggan adalah lokasi yang dekat dengan tempat kerja. Respondenpun memilih makanan yang sehat dan bergizi tinggi serta rendah kandungan lemaknya.  Disamping itu rasa ingin tahu kalangan muda di Indonesia cukup tinggi, Restoran jepang memiliki posisi yang tinggi yang ingin diketahui responden.

Semakin berkembangnya bisnis restoran cepat saji dengan sistem delivery service saat ini karena tuntutan masyarakat yang menginginkan kemudahan.  Pada sisi lain para netter atau pemakai internet terutama di lingkungan wilayah bisnis seringkali tidak dapat dipisahkan dari pekerjaannya yang berhubungan dengan komputer  dan memerlukan makanan yang enak dan cepat saji.

Permintaan konsumen seperti ini sebenarnya sudah dapat ditangkap oleh perusahaan makanan cepat saji dengan layanan pesan antar (delivery service) yaitu Mc Donald dengan iklan 14045 untuk delivery service atau perusahaan “pesan delivery” yang berkembang pesat yang mempunyai rekanan restaurant lebih dari 100 restaurant, tetapi bisnis mereka umumnya memerlukan advertising yang besar dan pelanggan umumnya tidak dapat melihat langsung menu yang akan dipesan.

Oleh sebab itu ide restoran ini  adalah untuk mengambil ceruk pasar dari kalangan pekerja atau profesional atau khsususnya pengguna internet di wilayah perkantoran yang tidak punya waktu atau menginginkan kemudahan dalam memesan makanan tetapi dapat melihat langsung secara virtual makanan yang akan dipilih melalui website yang menarik. Disamping itu penentuan outlet-outlet di mal yang ramai dikunjungi pelanggan, berada di daerah pusat perkantoran dan merupakan mal terbesar di Jakarta menjadi prioritas kami agar memudahkan pelanggan mendapatkan restoran kami ketika mereka berjalan-jalan di mal.

Lewat ke baris perkakas